Mengenal PT Pertamina Hulu Energi : Profil, Anak Perusahaan, Dan Gaji Karyawan

Apakah kamu pernah dengar perusahaan Pertamina Hulu Energi? Ini adalah perusahaan milik PT Pertamina yang mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Padahal, Pertamina Hulu Energi sebenarnya merupakan salah satu perusahaan Pertamina yang berperan besar dalam industri minyak dan gas (migas) di Indonesia.

Selain berurusan dengan proses produksi, Pertamina Hulu Energi juga bekerja mengelola proses eksplorasi minyak dan gas di Indonesia. Perannya yang penting tersebut membuat perusahaan ini banyak diminati pejuang pencari kerja yang ingin turut berkontribusi bagi negara.

Nah, agar kamu makin paham, di bawah ini ada informasi mengenai PT Pertamina Hulu Energi mulai dari profil, anak perusahaan, hingga kisaran gaji para karyawannya.

  1. Profil

Pertamina Hulu Energi merupakan perusahaan subholding upstream PT Pertamina (Persero) di bawah naungan BUMN yang mengurus eksplorasi serta produksi minyak dan gas di Indonesia. Perusahaan ini juga fokus dalam mengembangkan teknologi dan menyebarkan pengetahuan di industri migas di Indonesia.

Pertamina Hulu Energi didirikan pada tahun 1989, dengan nama PT Aroma Operations Service (AOS). Kemudian pada tahun 2002, AOS berganti nama menjadi PT Pertahulu Energy. Setelah itu berganti nama lagi menjadi PT Pertamina Hulu Energi pada tahun 2007 dan bertahan hingga saat ini.

Melansir situs resminya, PT Pertamina Hulu Energi saat ini dipimpin oleh Komisaris Utama yang bernama Rinaldi Firmansyah. Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi dijabat oleh Chalid Said Salim.

  1. Anak Perusahaan

Di Indonesia, PT Pertamina Hulu Energi memiliki lima wilayah regional, diantaranya yaitu :

  • Regional 1 wilayah Sumatera (Pertamina Hulu Rokan)
  • Regional 2 wilayah Jawa (Pertamina EP)
  • Regional 3 wilayah Kalimantan (Pertamina Hulu Indonesia)
  • Regional 4 wilayah Indonesia Timur (Pertamina EP Cepu)
  • Regional 5 Internasional (Pertamina Internasional EP)

Selain itu, ada tiga anak perusahaan yang dimiliki PT Pertamina Hulu Energi, yaitu :

  • PT Elnusa Tbk

Elnusa berkaitan dengan jasa energi pada hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi, serta jasa penunjang lainnya. Anak perusahaan Pertamina Hulu Energi ini juga menyediakan jasa yang berhubungan dengan energi alternatif, konsultasi energi, mengecek pipa atau gas bawah tanah, hingga kebocoran pipa bawah laut.

  • PT Pertamina Drilling and Services (PDSI)

PDSI bergerak di bidang jasa pengeboran migas, panas bumi, dan jasa lainnya yang berkaitan dengan pengeboran. Anak perusahaan Pertamina Hulu Energi ini melakukan aktivitasnya di darat dan laut. Saat ini, PDSI dipimpin oleh Direktur Utama Avep Disasmita

  • PT Badak LNG

PT Badak LNG merupakan produsen gas alam cair di bawah pimpinan PT Pertamina Hulu Energi yang beroperasi di Bontang, Kalimantan Timur. Sekarang, perusahaan ini dipimpin oleh Direktur Utama Achmad Khoiruddin.

Perusahaan ini menjalankan kegiatan usaha yang dimulai dari ekstraksi gas dari Muara Badak. Energi gas tersebut disediakan Pertamina Hulu Sanga – Sanga, Pertamina Hulu Mahakam, dan Chevron Indonesia.

Kemudian, gas tersebut akan dipindahkan melalui pipa menuju fasilitas pemrosesan gas. Selanjutnya, gas cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) akan dibawa kapal dan truk menuju ke terminal penerima tujuan pembeli.

  1. Gaji Karyawan

Mengutip Indeed, kisaran gaji Staf Administrasi Service di PT Pertamina Hulu Energi sebesar Rp. 5,9 juta per bulan. Nominal gaji tersebut mungkin belum termasuk asuransi, bonus, uang makan, uang lembur, atau tunjangan lainnya.

Meskipun begitu, PT Pertamina Hulu Energi menawarkan banyak posisi pekerjaan mulai dari level staf hingga jabatan tinggi perusahaan. Setiap posisi pekerjaan tersebut pastinya memiliki besaran gaji yang berbeda – beda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.