Manfaat Cat Epoxy Lantai

Cat Epoyx epoxy ini lebih populer saat ini karena mudah digunakan. Tidak serumit Floor Hardener, tersedia juga berbagai pilihan warna dan harga. Selain itu, film cat epoxy memberikan fleksibilitas yang lebih baik daripada Pengeras Lantai, memungkinkan untuk menutupi retakan kecil. permukaan semen lebih baik Itu juga dapat melindungi dari berbagai bahan kimia asam-basa. termasuk mudah dibersihkan.

Cat epoxy Lantai  dengan fitur-fitur yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya. Pelapis lantai epoxy merupakan salah satu jenis bahan Bitumen yang banyak digunakan di berbagai industri.

– Cat epoxy sering kali mengandung timbal, aluminium, dan seng.

– Tetapi pelapis epoxy berkualitas tinggi biasanya menggunakan seng metalik murni dalam jumlah tinggi yang dicampur dengan bahan kimia organik atau mungkin menggunakan anorganik, yang mahal dan sulit digunakan.

Cat epoxy cocok untuk aplikasi interior atau area dengan cahaya. U.V. tidak mencapai Karena resin epoxy dalam cat cepat rusak saat film cat terkena sinar UV, cat epoxy yang tersedia secara komersial dibuat dalam dua bagian, bagian A (Alas) dan bagian B (Pengeras), yang nyaman untuk disimpan dalam waktu lama.

Untuk penggunaan, bagian A dan bagian B harus dicampur dengan perbandingan yang benar. dan harus mengaduk cat agar homogen sebelum digunakan Agar pengeringan pelapis lantai dapat ditentukan, namun cat epoxy akan mengering dengan reaksi kimia (Chemical Reaction), sehingga cat harus habis dalam waktu yang ditentukan.

Lantai epoxy terbagi menjadi 4 jenis menurut kegunaannya:

1. Lantai Epoxy Mortar sangat kuat dan tahan lama. Cocok untuk area yang membutuhkan beban tinggi seperti loading yard. Dan dapat digunakan pada kisaran suhu rendah -40 derajat Celcius, sehingga cocok untuk aplikasi cold storage

2. Lantai self-leveling epoxy memiliki kilau tertinggi. sangat fleksibel Cocok untuk lantai pabrik umum hingga lantai tugas berat.

3. Pelapis epoxy lantai adalah yang termurah. cocok untuk pabrik umum

4. Lantai anti-statis epoxy dirancang untuk area bebas-statis di industri kimia atau elektronik.

Lantai epoxy dapat dirancang untuk memiliki beberapa lapisan sesuai dengan lingkungan kerja. Jika ketebalannya lebih dari 2 milimeter, kami menyebutnya Epoxy Self Leveling, jika ketebalannya kurang disebut Epoxy Self Leveling.

Lapisan Epoxy Lantai epoxy memiliki keunggulan :

  • Permukaan Mulus
  • Mencegah terjadinya jamur.
  • Ragam warna, instalasi dan kulit.
  • Tahan lama untuk digunakan fleksibilitas tinggi
  • Tahan terhadap bahan kimia, asam-basa dan kelembaban
  • Tahan lama untuk penggunaan forklift
  • Kisaran suhu pengoperasian yang luas dari -40 hingga 75 °C.
  • Mudah untuk dibersihkan
  • perlindungan yang baik terhadap listrik statis Hal ini sangat diperlukan di pabrik komponen elektronik.
  • Cepat untuk aplikasinya
  • Tahan terhadap sinar matahari dan sinar UV

Kelemahan Cat Epoxy Lantai

  • Mudah tergores
  • Permukaannya licin saat basah dan mudah lepas.
  • Jika ada kelembapan di bawah permukaan epoxy akan menyebabkan epoxy membengkak dengan mudah Jadi pastikan lantai beton bebas dari kelembapan.
  • Tidak tahan terhadap perubahan suhu yang tiba-tiba.
  • Terus digunakan setelah instalasi Kulit halus akan menjadi matte dan kehilangan sifat berminyak.
  • Tidak cocok digunakan untuk menopang berat badan
  • Umur layanan sekitar 8 tahun

Pilihan penggunaan

– Dalam hal diaplikasikan pada pekerjaan yang terkena langsung larutan asam atau basa Sebaiknya gunakan pelapis lantai epoxy yang mengandung poliamina (Epoxy Polyamine) yang akan memberikan kekuatan.

– Jika digunakan di area basah, poliamida epoxy harus digunakan dengan campuran tanah liat yang dicampur dalam cat.

– Jika membutuhkan kekuatan ekstra, bisa ditambahkan lapisan tengah yang dicampur dengan Mortar untuk mendapatkan film yang lebih tebal juga. Dalam hal membutuhkan ekonomi dan tidak membutuhkan banyak kekuatan film cat Dapat menggunakan pelapis lantai epoxy film tipis, yang tidak sulit digunakan, tetapi Ingin menyetrika warna dengan alat laminasi untuk mendapatkan film yang indah

Area yang layak untuk digunakan

– lantai pabrik

– lantai resor

– Lantai service center mobil, showroom, service bordil

– lantai laboratorium, laboratorium

– lantai gudang

– lantai steril

– Supermarket atau pusat perbelanjaan, dll.

Fakta yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan Cat Lantai Epoxy 

Dari pengalaman pekerjaan teknis yang memerlukan survey lapangan dan pemasangan lantai epoxy, ada pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan kami. Mengapa lantai epoxy membengkak dan rontok setelah 2 bulan berlalu dan harus diaplikasikan kembali? Atau kenapa lantainya tergores? Atau lift mobil Yang mana pertanyaan tersebut muncul dari anda mengecat lantai epoxy sendiri, saya akan membagi menjadi 3 hal utama sebagai pedoman awal, yaitu kadar air beton.

Langkah pemasangan yang salah dan penggunaan lantai epoxy yang benar
Kelembaban dari beton adalah penyebab umum pembengkakan dan pengelupasan lantai epoxy Biasanya film memiliki daya rekat yang sangat baik pada beton. Namun tekanan dari uap air dari dalam semen bisa menyebabkannya lepas.

Tekanan osmotik yang sangat kuat dapat menyebabkan lapisan cat melepuh (Blistering Defect) dan pada akhirnya lapisan cat akan rontok.

Sumber Referensi :  Keunggulan Cat Epoxy Lantai

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.